Manchester City Kembali Ke Puncak Klasemen

Manchester City Kembali Ke Puncak Klasemen – Untuk pertamanya sejak 16 Desember 2018, Manchester City kembali merasakan berada di posisi paling atas. Pada bulan Desember, Sergio Aguero berhasil menelan serangkaian hasil buruk dengan menderita tiga kekalahan. City berhasil menggusur Liverpool usai menang atas Everton. Angka yang dipunya City sama dengan yang dimiliki Liverpool, namun Josep Guardiola itu unggul dalam produktivitas dan juga selisih gol. Meski berada di puncak klasemen, City masih sangat mudah digusur oleh Liverpool. Di akhir pekan ini, Liverpool akan menjamu Bournemouth untuk kembali mengklaim posisi teratas klasemen Liga Inggris. Sehari berselang, City mempunyai kesempatan untuk kembali naik ke urutan teratas jika berhasil mengalahkan Chelsea.

City mengatasi Everton 2-0 dalam laga di Stadion Goodison Park. Laporte dan Gabriel Jesus mencetak gol di penghujung akhir babak. Dengan demikian, The Citizens berhak atas posisi pertama usai mengumpulkan 62 poin dari 26 pertandingan. Yang membuat City menggeser Liverpool hanya unggul selisih gol. City tidak menyiakan kesempatan untuk memangkas jarak dengan Liverpool. Tim besutan Josep Guardiola itu sukses memenangi dua pertandingan berikut untuk mengambil alih pimpinan kompetisi. Josep Guardiola meyakini perburuan gelar juara Liga Inggris akan berlangsung sampai fase akhir. Menurut dia, pemenang memungkinkan ditentukan lewat selisih gol.

Menanggapi hal tersebut, pesan pertama dari Guardiola adalah memenangi pertandingan dan yang kedua adalah membuat gol dan menghindari kebobolan. Karena mungkin saja anda bisa memenangi Premier League karena selisih gol. Guardiola meyakini bahwa pemenang liga akan ditentukan oleh pertandingan terakhir atau dua terakhir. Guardiola menyatakan bahwa rasanya lebih baik dengan memuncaki liga, tapi kami bermain satu pertandingan lebih banyak. Kenyataannya kami bisa saja, sebulan lalu, tertinggal 10 poin ketika kami bermain melawan Liverpool. Beberapa hari lalu, kami bisa saja tertinggal 7 poin. Sekarang kami di posisi teratas liga. City sedang mencoba mempertahankan gelar Premier League untuk pertama kalinya. Sedangkan Liverpool memburu gelar liga pertama sejak terakhir kali juara pada 1990.